Teknologi vs etika tradisional

Senin, 23 April 2012 | komentar


Perubahan proses bisnis akibat teknologi, melunturkan nilai etika sosial
  1. internet  melunturkan silaturahmi
Pada jaman sekarang sudah sering kita jumpai yaitu proses bisnis/sosial sudah mengalami perbedaandari pada bisnis pada zaman  dulu. Semakin pesat perkembangan teknologi yg menyebabkan hilangnya/lunturnya nilai etika tradisional .
Sebagai contoh kecil yaitu kejadian yang ada disekitar kita yaitu   orang-orang jaman dulu jual beli di pasar tawar-menawar barang yg ingin dibeli, tetapi pada saat sekarang ini tawar menawar dipasar pun bisa di bilang jarang, orang-orang lebih memilih membeli di supermarket, minimarket dan sebagainya.  Bahkan yg lebih modern lagi melalui internet. Pada jaman sekarang orang pada umunya lebih menyukai hal-hal yang praktis. Salah satunya memanfaaatkan fasilitas yang ada pada internet. Salah satu contohnya yaitu seseorang ingin membeli sandal jepit saja memilih pesan melalui internet, padahal didekat rumahnya terdapat sebuah pasar, yang tidak membutuhkan biaya tambahan untuk membayar biaya antar barang kalau memesan melalui internet. Secara tidak langsung kondisi tersebut telah merubah gaya hidup seseorang dan melunturkan etika tradisional seni/tradisi tawar menawar sehingga akan berdampak berkurangnya  silaturahmi antar satu orang dengan orang lain. Hal ini kalau dibiarkan terus menerus akan berakibat sifat individualism akan terus berkembang pada perilaku seseorang.
2. Laundry membuat orang menjadi malas mencuci
Fenoma terbaru pada masa sekarang salah satunya adalah begitu banyaknya bermunculan jasa pencucian baju (laundry). Daerah perkotaan misalnya seperti kota Yogyakarta adalah daerah yang memiliki prorspek yang baik untuk mengembangkan usaha tersebut. Tanpa orang sadari ternyata hal tersebut berdampak pada kebiasaan seseorang untuk bermalas-malasan. Karena orang yang malas pada umumnya beranggapan buat apa mengeluarkan tenaga yang sia2, lebih baik manfaaatkan fasilitas yang ada. Hal secara tidak berdampak pada mulai berkurangnya etika atau kebiasaan kita yang tadinya mau mencuci sendiri menjadi malas mencuci sendiri. Dengan adanya teknologi baru dalam hal ini yaitu mesin cuci, menimbulkan dapak positif maupun negative.
Dampak positif
* Membantu seseorang yang mempunyai kesibukan yang tinggi
* Membuat lapangan pekerjaan baru
* Membantu ibu rumah tangga yang punya bekerjaan banyak
Dampak negative
* Membuat orang menjadi bermalas-malasan
* Berkurangnya etika atau kebiasaan orang pada umunya (yang tadinya giat mencuci sendiri menjadi bermalas-malasan)
* Membiasakan orang hidup boros.
Dari 2 contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan semakin berkembangnya dunia teknologi dapat berakibat positif dan negative bagi seseorang tetapi hyal tersebut terganung dari orang tersebut. Apabila orang tersebut dapat memanfaatkan dengan baik akan membawa keuntungan bagi orang tersebut, tapi apabila tidak dapat mengaturnya dengan baik akan berakibat fatal bagi orang tersebut dan berakibat melunturkan nilai etika tradisional pada dirinya sendiri.
[ Fatkhur
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Akhi Muslim - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger